Penyebab dan Tips Mengatasi Komputer Gagal Booting

Sugandi Blog - Assalamualaikum Wr.Wb .... Sebelum Membahas Penyebab dan Tips Mengatasi Komputer Gagal Booting, Saya ucapkan Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin ( terlambat sih ngucapinnya ). Semoga kita semua bisa menjadi muslim yang kembali suci seperti kain yang putih. Aaamiin.


Mari langsung beranjak ke temanya.

Related image
http://gizmodo.com/
Komputer memiliki beberapa komponen yang saling bekerja sama jadi, jika ada salah satu komponen yang bermasalah akan mengakibatkan kerusakan pada komputer, salah satunya GAGAL BOOTING. Gagal booting biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor. Beberapa tips ini semoga bisa membantu anda untuk mengatasi komputer yang gagal booting.

1. Mati Total.

Pada permasalahan ini anda bisa mengecek dahulu kabel power yang ada di monitor, Stabilizer dan motherboard pastikan kabel - kabel tersebut benar -benar menancap. Jika semua sudah menacap dengan benar. Setelah itu check kondisi Power Supply. Jika sudah rusak mending ganti yang baru aja.

2. Harddisk Tidak terdeteksi.

Jika anda mendapati pesan Disk Boot failuer saat anda booting ini adalah salah satu tanda bahwa pemasagan harddisk kurang benar. Pastikan kabel IDE  atau SATA sudah terpasang dengan benar.

3. Komputer gak bisa Booting karena Memori.
  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan memori tertancap dengan benar pada slotnya.
  2. Kedua, jika cara pertama tidak berhasil coba pidahkan memori ke slot yang lain.
  3. Ketiga, jika cara kedua tidak berhasil coba copot memori dan gosok kuningan pada memori dengan penghapus lalu tancapkan kembali. Ingant jangan sampai yersentuh tangan.
  4. Dari ketiga cara tersebut tidak berhasil anda bisa mengganti memorinya.
4. Processor Kepanasan.

Langkah awal yang harus anda lakukan jika processor anda kepanasan  ialah mengecek apakah Heatsink dan Fan bekerja optimal. Bersihkan jika Fan kotor.

5. Harddsik Corrupt atau Windows corrupt.

Jika anda mengalami Corrupt pada Harddisk perbaiki segera Harddisk anda.
Tapi jika Windows anda yang corrupt coba install ulang Windows.

Sekian mungkin itu saja yang dapat saya bagikan pengalaman saya untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment

29 Comments

  1. wah tips menarik gan kebetulan ada computer lagi eror izin comot :)

    ReplyDelete
  2. laptop ane sering over heating dan kemudian mati...
    cara menangani tanpa ilmu buka2 laptop gimana ya gan?

    ReplyDelete
  3. Untung saya masih belum mengalami hal diatas gan.. Hihi.. nice info:)

    ReplyDelete
  4. Gilang Tegar.... kalo gak mau bongkar ya bersihin kipasnya, cek kipasnya masih berfungsi dan istirahatin laptopnya.

    ReplyDelete
  5. Aldi Allesandro... thanks.

    ReplyDelete
  6. boleh d coba nih punya ane kdang bgtu..

    ReplyDelete
  7. Windows Rusak ga ke cantum yahh tuhhh

    ReplyDelete
  8. eko wahyu... silahkan dicobak.

    ReplyDelete
  9. Alpi Laila... hehe maaf belum ada.

    ReplyDelete
  10. Muhammad Elfanza... masama gan.

    ReplyDelete
  11. ini dia tispnya, saya ada yang bisa booting saya biarin di rumah gan, kalo tau mah saya coba dulu cara ini. makasih ya gan informasinya :)

    ReplyDelete
  12. Betul sekali sip artikelnya gan...

    ReplyDelete
  13. kebetlan nih, ini yg ane cari cari ty ya gan

    ReplyDelete
  14. sharing dong buat windows downloadan ;D, punya saya sudah ada notip di pojok kanan bawah suru apdet wkwkw ;D

    ReplyDelete
  15. kabel power kurang nancap juga min :D

    ReplyDelete