Komputer Generasi pertama sampai terakhir

Sugandi Blog - Teknologi dari zaman dulu sampai sekarang selalu mengalami perkembangan salah satunya adalah komputer. Perlu anda ketahui sejarah perkembagan komputer yang dimulai dari komputer generasi pertama hingga generasi sekarang.

Komputer Generasi Pertama


http://hadidankertas101.blogspot.co.id/
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah machine language.
  

Komputer Generasi Kedua


http://hadidankertas101.blogspot.co.id/
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Transistor merupakan  alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
 

Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
 

Komputer Generasi Ketiga


http://hadidankertas101.blogspot.co.id/
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu dan komputer menjadi lebih kecil lagi.

Komputer Generasi Keempat


http://hadidankertas101.blogspot.co.id/
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah personal computer atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Dan muncul perangkat baru yang dinamai Laptop. 

Komputer Generasi Kelima

http://hadidankertas101.blogspot.co.id/
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, netbook,dan banyak lagi

Semoga artikel ini membantu anda yang masih minim pengetahuan tentang sejarah komputer. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment

4 Comments

  1. Makin lama makin praktis ya gan.. Jaman yang serba praktis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aldi Allesandro... Maaf, gan sebelumnya, terlambat bles. Iya bener banget gan, sekarang zamannya IT.

      Delete
  2. terimakasih sangat bermanfaat dan semoga menjadi inspirasi banyak orang
    jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi blog saya https://zubikaa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete