Pengertian,Fungsi dan Komponen Motherboard

Sugandi Blog - Mainboard atau yang biasa disebut motherboard adalah sebuah papan utama pada komputer yang berisikan perangkat - perangkat untuk mendukung kerja komputer dan juga sebagai penghubung antara komponen lain.
Related image
http://www.anandtech.com/

1. Socket Processor.

Socket prosessor adalah komponen yang berfungsi untuk memasang prosessor pada motherboard sehingga prosessor dapat terhubung dengan motherboard dan terbaca pada sistem komputer. Jenis soket pada motherboard ini akan mempengaruhi jenis prosessor yang digunakan, karena didalam soket motherboard biasanya terdapat pin sebagai penghubung dari prosessor itu sendiri.

 2. Slot Memori

Slot memori /RAM berfungsi untuk menancapkan memori RAM pada motherboard. Jenis dan model dari slot memori akan berpengaruh pada memori RAM yang akan digunakan. Jenis RAM berdasarkan slotnya adalah SD RAM, DDR, DDR 2 dan DDR 3. Jumlah slot memori pada moherboard juga berbeda-beda, mulai dari 1-4 slot memori.

 3. Chipset NortBridge

Chipset Nortbridge pada motherboard bertugas sebagai pengatur lalu lintas data antara prosessor dengan momori, frot side bus dan AGP bus. Selain itu Chipset NortBridge juga dapat mengatur kerja power management. Chipset nortbridge biasanya terletak disekitar socket prosessor.

 4. Chipset Southbrigde
 

Chipset southbride adalah komponen yang selalu ada pada motherboard, karena komponen ini bertugas mengatur komponen-komponen lainnya. Chipset Southbridge pada motherboard berfungsi untuk mengatur kerja peripheral pada komputer. Contohnya: Mouse dan lain lain.

 5. Slot PCI Express x16

Slot PCI Express x16 biasanya digunakan untuk menancapkan VGA Card generasi terbaru. PCI Express x16 mempunyai kecepatan proses yang lebih baik dibandingkan dengan PCI express biasanya.

 6. Slot PCI Express x1

Slot PCI Express x1 digunakan untuk memasang peripheral komputer seperti LAN card atau kartu jaringan.

 7. Slot AGP Slot AGP berfungsi untuk untuk menancapkan kartu VGA ke motherboard. Slot jenis ini sering digunakan sebelum adanya slot PCI Express sehingga slot ini hanya digunakan untuk VGA Card model lama.

 8. Slot PCI

Slot PCI merupakan slot yang digunakan untuk menancapkan card ke motherboard. Card yang dipasang pada slot ini biasanya LAN Card. Slot ini biasanya berwarna putih dengan bentuk yang memanjang. Slot PCI mempunyai kecepatan dibawah slot AGP dan PCI Express.

 9. Chipset BIOS

Chipset ini berfungsi untuk menyimpan program dari BIOS. BIOS sendiri merupakan program kecil yang dimasukkan pada IC ROM yang berisi semua informasi perangkat pada sistem komputer. Di dalam BIOS  terdapat informasi tentang hardware komputer.

 10. Bateray CMOS

Bateray CMOS berfungsi untuk memberikan daya pada BIOS, sehingga ketika komputer dimatikan pengaturan pada BIOS dan waktu pada komputer tidak akan kembali seperti semula. Untuk itu jika waktu pada komputer sering kembali ke semula atau tidak sesuai dengan waktu yang sesungguhnya, meskipun sudah di setting berulang kali, maka bisa dipastikan bahwa bateray CMOS tersebut sudah rusak.

 11. Port SATA

Port SATA merupakan port yang digunakan untuk menancapkan atau menghubungkan dengan perangkat lain yang mempunyai port SATA pula, Perangkat yang mempunyai port SATA biasanya adalah Harddisk dan CD ROOM.

 12. Port IDE

Port IDE digunakan untuk menghubungkan perangkat atau komponen komputer yang memiliki port IDE. Komponen komputer yang memiliki port IDE adalah CD Room dan Harddisk. Port ini dulu paling sering digunakan sebelumnya adanya port SATA.

 13. Port Floppy Disk

Port ini digunakan untuk menghubungkan kabel yang mengarah pada Floppy disk. Perangkat ini memang sangat jarang sekali digunakan pada saat ini karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan perangkat flashdisk dan CD Room sebagai media penyimpanan.

 14. Port Kable Power

Port ini digunakan untuk menancapkan port pada kabel 20/24 pin ( Terbaru ) power supply. Power supply akan memberikan sumber daya pada motherboard melalui port ini.

 15. Back panel

back Panel adalah kumpulan port yang berada dibelakang dari motherboard. Port ini biasanya berisi port USB, PS/2 mouse, keyboard, VGA Card, Sound Card dan lain-lain.

Mungkin itu saja, semoga artikel ini membantu anda untuk memahami tentang pengertian,komponen dan fungsi pada motherboard. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment

1 Comments