Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer

Sugandi Blog - Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan beberapa komputer agar dapat berkomunikasi, berbagi informasi dan berbagi sumber daya.
Didalam Sebuah Jaringan Komputer terdapat beberapa Istilah yang perlu anda ketahui. Berikut dibawah ini Istilah - Istilah dalam Jaringan Komputer.

  • Gateway

https://beginlinux.wordpress.com
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang lain menggunakan kaidah komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diteruskan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda.

Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda - beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

  • VPN (virtual private network)

https://techdissected.com
VPN adalah koneksi internet pribadi yang aman dan ter-enkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan transfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.

  • Router

http://www.balticnetworks.com/
Router adalah perangkat dalam jaringan yang berfungsi untuk mengatur lalu-lintas paket dalam jaringan. Ketika kamu terhubung pada hotspot, maka ada perangkat yang memancarkan sinyal hotspot tersebut dan mengaturnya.

  • Repeater

http://www.matrox.com/
Reapeter adalah suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula.  Guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.

  • ISDN (Integrated Services Digital Network)

https://www.slideshare.net
ISDN adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B. Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.

  • DNS (domain name sistem)

http://www.routercheck.com/
DNS adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.Facebook.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.

  • Bridge

http://www.pro.co.id/
Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.

  • Bandwidth

http://itsmefurzy.blogspot.co.id/
Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal seperti : telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran per-detik atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second.

  • NAT (Network Address Translation)

http://computer.howstuffworks.com/
Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat IP ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti : laptop, smartphone, tablet dan lain – lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet. Ini disebut IP Publik.

  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol )

https://www.quora.com
Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi IP secara manual.

  • MAC Address

https://networking.grok.lsu.edu
Media Access Control Address atau MAC Address adalah alamat unik yang dirancang untuk mengindentifikasikan setiap interface dalam jaringan komputer. Seringa juga disebut Physical Address.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang menikmati WiFi di sekolah, jaringan WiFI sekolah tersebut kemungkinan mencatat MAC Address dan menggunakannya untuk melacak Perangkat Anda agar dapat mencegah Anda dapat mengakses WiFi tersebut dilain waktu. Atau bisa juga Jaringan WiFi tersebut memberikan sebuah IP Statis berdasarkan MAC Address Anda, jadi setiap anda terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut Anda selalu mendapatkan IP yang sama meskipun menggunakan DHCP.\

  • Firewall

http://computer.howstuffworks.com/
Firewall adalah sebuah software yang berfungsi untuk memblok jenis lalu lintas tertentu. Misalnya firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu dan membiarkan yang lainnya lewat, atau bisa juga membiarkan lalu lintas dari port tertentu dan memblokir yang lainnya.

Fungsi Firewall di dalam jaringan adalah sebagai berikut :
  1. Packet Filtering : memeriksa header dari paket TCP/IP ( tergantung arsitektur jaringannya, dalam contoh ini adalah TCP IP ) dan memutuskan apakah data ini memiliki akses ke jaringan
  2. Network Address Translation ( NAT ) : biasanya sebuah jaringan memiliki sebuah IP public dan di dalam jaringan sendiri memiliki IP tersendiri. Firewall berfungsi untuk meneruskan paket data dari luar jaringan ke dalam jaringan dengan benar sesuai IP komputer lokal.
  3. Application Proxy : firewall bisa mendeteksi protocol aplikasi tertentu yang lebih spesifik.
  4. Traffic management : mencatat dan memantau trafik jaringan.

  • HTTP

http://www.cbronline.com/
Hypertext Transfer Protocol adalah protokol standar web browser. Terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.

  • ISP

https://manurevah.com
ISP yang merupakan singkatan dari Internet Service Provider adalah perusahaan penyedia layanan internet. Dari ISP inilah kita dapat mengakses internet.

  • Topologi

http://www.artikelsiana.com/
Merupakan bentuk atau skema suatu jaringan komputer. Contoh topologi adalah  bus, star, ring, dan tree. Dalam topologi star contohnya, server berada di tengah sebagai pusat dan host nya berada di sekelilingnya sehingga bentuknya menjadi seperti bintang, karena itu disebut topologi star atau bintang.

  • Subnet Mask

https://techtalks101.wordpress.com
Subnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32 Bit yang digunakan untuk membedakan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringan lokal atau berada di jaringan luar.


Post a Comment

6 Comments

  1. Padat singkat jelas.. nice sangat membantu... Kunjungi juga artikel menarik di paradisandi.com

    ReplyDelete
  2. jadi keinget waktu sekolah dulu baca yang gini

    ReplyDelete
  3. Wah saya juga anak tkj sangat membantu :)

    ReplyDelete